BERITA

“Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa-Vitamin Angels Bergandengan Tangan untuk Anak Indonesia di Kabupaten Sumbawa” Tuntun Gera Sumbawaku-Tuntaskan Stunting Generasi Sumbawa Berkualita

Selasa, 21 Juni 2022   Admin   35  

Vitamin A adalah zat gizi penting yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia dan berperan dalam melindungi kesehatan bayi dan anak-anak, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan angka kejadian dan keparahan dari diare dan campak, serta mencegah kebutaan.  Vitamin A dapat disimpan di dalam tubuh selama 4-6 bulan, tetapi akan berkurang dengan cepat bila anak terkena infeksi.  Vitamin A terdapat dalam makanan seperti air susu ibu (ASI), pangan hewani seperti daging merah, ikan, dan produk susu,  Sayuran bewarna hijau, misalnya sayur bayam; sayur dan buah-buahan yang berwarna merah dan oranye kekuningan, seperti ubi jalar dan wortel.

Kurang Vitamin A (KVA), disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang kaya vitamin A  dan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dunia – sekitar 190 juta anak-anak balita, sebagian besar terjadi di Afrika dan Asia Tenggara.  Indonesia masih tergolong negara dengan masalah KVA dengan kategori sedang (WHO, 2009).  KVA dapat dicegah dengan mendapatkan asupan yang cukup dari makanan yang kaya vitamin A dan suplementasi vitamin A.

Suplementasi Vitamin A merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam menanggulangi KVA.  Dua strategi lainnya adalah promosi vitamin A (Sosialisasi) dan fortifikasi makanan.  Satu kapsul vitamin A yang diberikan setidaknya dua kali setahun kepada anak berumur 6-59 bulan dapat mengurangi angka kematian anak balita (bawah lima tahun) sebesar 24% (WHO, 2011).  Program suplementasi kapsul Vitamin A pada bayi dan balita sudah diimplementasikan pemerintah sejak tahun 1970-an, dan pada tahun 2015 baru menjangkau 83.5%  anak Balita, yang berarti masih ada sekitar 6 juta Bayi dan balita yang tidak terlayani (Profil Kesehatan Indonesia 2015, Pusdatin Kemenkes).

Banyak negara yang mengalami kurang Vitamin A (KVA) juga terjangkiti kecacingan yang ditularkan melalui tanah.  Kecacingan dapat meningkatkan penyakit infeksi dan menurunkan penyerapan zat gizi pada anak balita berusia 12-59 bulan.   Kecacingan juga berkontribusi terhadap terjadinya KVA dan Anemia pada Bayi dan Balita.  Kecacingan dapat dihilangkan dengan cara meningkatkan sanitasi dan kebersihan  lingkungan, serta dengan pemberian tablet obat cacing Albendazole.  Memberikan tablet obat cacing bersamaan dengan vitamin A kepada anak merupakan salah satu cara paling mudah dan sederhana meningkatkan status vitamin A anak dan memperbaiki kesehatan anak secara menyeluruh (WHO, 2004).

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dan Vitamin Angels (sebuah organisasi non pemerintah/NGO asal Amerika Serikat) bekerjasama untuk melatih  tenaga kesehatan dalam memberikan suplementasi kapsul vitamin A dan tablet obat cacing dan memastikan bahwa layanan tersebut diberikan kepada sasaran sesuai dengan standar yang berlaku. Sebelumnya Vitamin Angels sudah memberikan bantuan Kapsul Vitamin A kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa sejak Tahun 2021 sampai dengan Tahun 2022 untuk menjaga stok kapsul Vitamin A agar tidak kekurangan saat Bulan Vitamin A dan Kebutuhan untuk Ibu Nifas di Kabupaten Sumbawa.

Pelatihan pemberian suplementasi vitamin A dan tablet obat cacing bagi tenaga kesehatan diselenggarakan pada Hari Kamis, 16 Juni 2022 bertempat di Aula Rapat Kantor Bappeda Sumbawa. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa yang dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pejabat Fungsional Nutrisionis Seksi Kesehatan Gizi Masyarakat, dan tenaga kesehatan yang merupakan pengelola program gizi dan pemegang program kecacingan sebagai peserta pelatihan yang berasal dari 6 puskesmas terpilih yaitu Puskesmas Lopok, Moyo Hilir, Sumbawa Unit 1, Unter Iwes, Labuhan Badas Unit 1, Lenangguar, serta 2 orang peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa yang merupakan pengelola program gizi dan pengelola program kecacingan. Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Vitamin Angels atas dukungannya baik dalam materi maupun anggaran kegiatan sehingga pelatihan ini dapat terlaksana, harapan beliau untuk ke depannya kegiatan ini dapat tetap dilaksanakan sehingga dapat menjangkau petugas kesehatan yang ada di puskesmas lain yang belum mendapatkan pelatihan ini.

Dalam Pelatihan yang diselenggarakan selama 1 hari, peserta dilatih dalam manajemen tata laksana pemberian Kapsul Vitamin A dan Obat Cacing sesuai Pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat baik dalam bentuk konseling maupun penyuluhan. Bentuk edukasi menggunakan berbagai macam media baik dalam bentuk leaflet, video, dan kartu bergambar sehingga lebih menarik. Peserta dilatih bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat menggunakan panduan materi dalam bentuk buku dan video selama pelatihan.

Semoga tenaga kesehatan yang mengikuti pelatihan ini dapat menggunakan kemampuan yang didapat selama pelatihan di masyarakat dalam upaya meningkatkan cakupan suplementasi kapsul vitamin A dan tablet obat cacing serta  memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada penerima layanan sesuai dengan standar yang berlaku. Mari Kita dukung aksi ini sebagai upaya dalam mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Sumbawa. Tuntun Gera Sumbawaku, Tuntaskan Stunting Generasi Sumbawa Berkualitas.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • HARI ANAK NASIONAL

    Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2022

    Kegiatan Sero Survey HIV/AIDS dan Sifilis di Lapas Sumbawa

    Bidang P3PL Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa

    KEWASPADAAN KASUS CIKUNGUNYA

    Chikungunya adalah infeksi virus yang ditandai dengan demam dan nyeri sendi secara mendadak

  • Berita Populer
  • Kamis, 03 Oktober 2019

    KELUARGA SEHAT